PENGERTIAN & CARA INSTALASI XAMPP

Assalamualaikum .. Hallo kawan, kali ini saya akan men-Share tentang server database yaitu MySQL, saya akan membahas mulai dari Pengertian, instalasi XAMPP. Mari kebawah .. :D




Pengertian XAMPP
XAMPP merupakan sebuah paket instalasi intuk PHP, APACHE dan MySQL. XAMPP dan yang terpenting XAMPP bersifat free atau gratis untuk digunakan. Sejarah singkat XAMPP, XAMPP merupakan pengembangan dari LAMPP (Linux Apache, MySQL, PHP and Perl), XAMPP ini merupakan project nonprofit yang di kembangkan oleh Apache Friends yang didirikan Kai ‘Oswalad’ Seidler dan Kay Vogelgesang pada tahun 2002.

MySQL
MySQL merupakan program pengakses database yang bersifat jaringan sehingga dapat digunakan untuk aplikasi Multi User  (banyak pengguna). MySQL menggunakan bahasa Query standar yang dimiliki SQL (Structred Query Language)
SQL sendiri adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk me – request informasi dari bais data. Bahasa ini sudah disediakan oleh DBMS. Konstruksi SQL terbentuk atas kombinasi relational-algebra  dan relational-calculus. MySQL adalah salah satu jenis database server yang sangat terkenal. MySQL menggunakan bahasa SQL untuk mengakses database nya. Lisensi Mysql adalah FOSS License Exception dan ada juga yang versi komersial nya. Tag Mysql adalah “The World's most popular open source database”. MySQL tersedia untuk beberapa platform, di antara nya adalah untuk versi windows dan versi linux. 

Cara Instalasi XAMPP

Dibawah ini Xampp versi 1.7.3

Klik dua kali file installer ..

Klik instal..


Proses instalasi..

Setelah proses instal selesai, akan tampil pertanyaan  pada command prompt  seperti ini. pilih "y" kemudian enter.


Pilih "y" lagi kemudian enter.


Pilih "n" kemudian enter.


Nah, instalasi Xampp telah finish / succesful.


Selanjutnya buka Xampp control panel, kemudian klik start pada bagian apache dan mysql hingga seperti ini.

Nah, instalasi sudah selesai siap untuk digunakan :-) . Untuk konfigurasi Xampp tunggu post berikutnyaa . hehe
Semoga bermanfaat ..






Previous
Next Post »